NETBOOK BARUKU AXIOO PICO DJV 712 WINDOWS 7

Sebelum Membeli netbook ini, saya pun mengadakan riset kecil-kecilan untuk membandingkan spesifikasi beberapa netbook yang beredar di Indonesia, diantaranya HP, Toshiba, Acer Aspire One, dan Axioo Pico. Dan pilihan saya jatuh kepada…. AXIOO PICO DJV
Netbook Axioo Pico DJV 712 ini bisa anda temui pada kisaran harga dibawah 4 juta.
Saya sendiri waktu beli dengan harga IDR 3.743.000
Lumayan kan…?
-->
Apa sih menariknya Axioo Pico dibandingkan dengan netbook yang lain?
Hmm… pertama, kapasitas harddisknya yang 320 GB. Sangat lega untuk laptop seukuran 10″. Sementara para pesaingnya masih berkutat pada SSD berukuran kecil, atau harddisk beberapa puluh hingga 120 GB, Axioo telah selangkah lebih maju dengan menghadirkan space 320 GB yang bisa kita isi apa saja sampai puas!
Sama seperti para pesaingnya, Axioo Pico juga menggunakan prosesor Intel Atom. Memory sebesar 1 GB telah disertakan secara default, dan masih bisa diupgrade hingga 2 GB. Beberapa netbook yang saya sebutkan di atas ada yang mentok memory-nya sebesar 1 GB dan tidak dapat diupgrade. Kesimpulannya: Axioo Pico lebih keren karena memory-nya bisa diupgrade.
Fasilitas-fasilitas standar lainnya juga ada. Sebut saja konektivitas Bluetooth, Wifi dan Ethernet, webcam dan microphone, card reader, serta tiga buah port USB 2.0. Ada juga port VGA-out sehingga kita bisa sedikit gaya-gayaan presentasi dengan laptop mungil.
Untuk keperluan ketik-mengetik, keyboard Axioo Pico jelas lebih manusiawi, tidak membuat pegal linu dan otot kaku karena ukurannya cukup lebar. Sementara netbook yang lain…. terlalu kecil.
Namun demikian ada sedikit kekurangan yang bagi saya agak mengganggu. Panas yang dihasilkan sepertinya terkumpul di touchpad, sehingga telapak tangan jadi terasa kurang nyaman waktu mengetik. Walaupun untungnya tidak terlalu panas sehingga masih bisa ditolerir. Sementara angin yang berhembus dari jendela ventilasi dingin-dingin saja. Kesimpulan saya sih, distribusi panasnya kurang merata, dan sarana pembuangan panasnya masih perlu mendapatkan perhatian.
Axioo Pico menggunakan baterai 6-cell yang mampu bertahan lebih dari 6 jam. Laptop mungil ini cukup berat juga ternyata. Semula saya pikir 1,2 kg itu ringan sekali, namun kenyataannya, pundak saya pegal karena mungkin kelamaan menenteng netbook ini.
Axioo Pico telah menyertakan sistem operasi Windows 7. Akhirnya sekarang saya punya lisensi Microsoft Windows asli nih Windows 7 lagi. Sebenarnya saya ingin menginstal Linux di netbook ini, namun saat ini dukungan sistem operasi Linux untuk netbook berbasis Intel Atom nampaknya masih dalam pengembangan, belum sempurna. Sepertinya lebih baik menunggu beberapa saat dulu sampai dukungan untuk Atom sudah sempurna.
Rupanya, penggunaan Windows 7 ini, juga secara umum mampu memperpanjang waktu standby netbook ini. Dengan layar sebesar 10 inchi XGA TFT, Axioo Pico DJV 712 mampu bertahan lebih dari 6 jam. Windows 7 memang di’ketahui’ memiliki sistem manajemen tenaga yang lebih baik dibanding Windows Vista.
Secara umum, netbook ini cukup untuk membantu tugas-tugas saya. OpenOffice.org yang biasanya memerlukan waktu lama untuk loading, di netbook ini cukup beberapa detik saja langsung terbuka sempurna! Untuk menjalankan game favorit saya, Sanguo: Fate Of The Dragon, juga tidak ada perbedaan dengan di komputer biasa.
Saya cukup puas dengan segala fasilitas yang diberikan oleh Axioo Pico. Bagi para pembaca yang lagi bingung menentukan netbook mana yang akan dibeli, ya selamat berbingung ria… Semoga mendapatkan sedikit pencerahan dari sini.
-->
SPESIFICATION :
AXIOO PICO DJV 712
Intel Atom N280 1.66 Ghz
10.1 Inch LCD
1 GB DDR2
320 HDD SATA 2
Integrated Wifi

1.3 Megapixels Webcam
Lan 10/100 Mbps
Card Reader 3-1
6 Cells Battery
UV Finish
WINDOWS 7 Starter

4 comments:

  1. saya sependepat dengan dengan di atas,saya sendiri selama 3 bulan mencari notebook yang harganya terjangkau dan spekulasi yang tinggi, ternyata pencarian saya berakhir ketika saya melihat notebook merek axioo pico DJV 712, spekulasi yg sangat sempurna untuk kerjaan saya, dan sangat membantu....dan tidak tanggung2 langsung saya beli 3...1. untuk istri di toko 2.untuk anak saya yg lg di SMP kls III yg satu untuk saya sendiri.......dan selama pemakian gak pernah ada problem baik mengenai software atau hardware...dan untuk internetan di rumah sangat memuaskan pa lagi yg punyaknya anak saya setiap hari di buat main games terus.....cuman 1 kekurangan axioo windowsnya kalau bisa pakai windos 7 ultimate bukan starter.axioo memang hebat........

    ReplyDelete
  2. mau nanya,saya pengguna Axioo Pico DJV-712.kira2 kalo diinstall pes kuat ga ya?...makasih,mohon pencerahannya ya

    ReplyDelete
  3. zainuri:
    terima kasih karena sudah sependapan dengan saya....

    tpi bisa koq di install pake windows 7 ultimate...
    aq sndri pake yg ultimate...

    ReplyDelete
  4. anomin:
    bisa seh....
    tpi rada2 lemot gtu...

    ReplyDelete