Padang Bakal Ada BUSWAY

Halte BUS BRT di depan Asia Tabing


Halte BRT di jl. Hamka

Proyek BRT Kota Padang
6 Koridor, 200 shelter
» Koridor I sepanjang 18 KM melintasi Pasar Raya- Lubukbuaya
» Koridor II 17 KM melintasi Pasar Raya- Indarung
» Koridor III 17 KM melintasi Telukbayur-Aiapacah
» Koridor IV 20 KM melintasi Pasar Raya-Telukbayur
» Koridor V dan VI akan dikembangkan menuju timur kota Padang, terkait dengan pemindahan pusat pemerintahan ke Aie Pacah, Kota Padang.

6 Koridor Utama Dirancang
Dinas Perhubungan Padang merancang enam lintasan utama mega proyek bus massal yang diharapkan bisa dioperasikan dalam waktu dekat. Dari enam koridor utama tersebut, dua koridor di antaranya koridor V dan VI, proyek jangka panjang menunggu dikembangkannya jalan lingkar timur Kota Padang. Sementara empat koridor lainnya yang telah ditetapkan, koridor I sepanjang 18 KM melintasi Pasar Raya- Lubukbuaya, koridor II 17 KM melintasi Pasar Raya- Indarung, koridor III 17 KM melintasi Telukbayur-Aiapacah. Sementara koridor IV 8 KM melintasi Pasar Raya-Telukbayur.

“Khusus koridor IV, jika dikembangkan sampai wilayah Bungus, maka panjangnya akan mencapai 20 kilometer,” kata Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Kota Padang, Yudi Indra Syani, Minggu (15/1).

Koridor-koridor utama tersebut menurut Yudi disiapkan sejak rencana pengadaan bus massal disusun dua tahun silam. Itu sekaligus menunjukkan keseriusan Dinas Perhubungan dalam memberikan alternatif moda angkutan bagi masyarakatnya. Keenam koridor tersebut, kata Yudi, akan dilengkapi dengan lebih dari 200 shelter yang dibangun di ruas dilalui. Sebagaimana halnya dengan penyiapan koridor, maket dan rancangan shelter pun telah disiapkan. 
 

No comments:

Post a Comment