Liburan Keliling RIAU (Part II)

Sekarang tibalah saatnya kembali memulai sedikit demi sedikit alinea demi alinea di malam yang panas dan sunyi sekali seolah-olah kota ini tidak ada penghuni sungguh-sungguh sepi (Kota Padang : red). betul kata sebagian orang kalau kota padang itu ramainya hanya waktu mahasiswa kuliah saja kalau libur seperti ini benar-benar sepi. pantas di bilang kota ini kota pelajar di sumatera tengah.

Sebelumnya Posting saya di "Liburan Keliling Riau Part I" yang di posting pada tahun lalu menceritakan perjalanan ke riau dengan sepeda motor pada saat hujan. rute ya payakumbuh-ujungbatu-sukaramai,tapunghulu- pekanbaru-payakumbuh. sebetulnya selama tahun 2012 tersebut saya selalu bolak balik sumbar-riau malahan tiap bulan dan ada sekali dua minggu tapi perjalanan yang itu tidak saya ceritakan dalam kesempatan yang indah ini. (rahasia) hehehe

Kenapa saya memilih melanjutkan posting dengan judul ini di part II setelah satu tahun berlalu alasan nya hanya sederhana karna mengenang perjalanan di part I cuma itu saja, cuma bedanya di part II saya berjalan sendiri tanpa ada yang menemani selama perjalanan yang membutuhkan energi dan stamina yang begitu kuat untuk seorang diri. rute perjalanan sekarang ini pun sama dengan rute terdahulu cuma lebih menegangkan rasanya. saya pun akan menceritakan tempat-tempat dimana di part I pernah di lalui dan pasti sudah banyak yang berubah karna sudah satu tahun.
Tugu Perbatasan Sumbar-Riau
Mungkin saya tidak akan membahas kembali kenapa saya memilih Riau kenapa tidak daerah lain karna di posting sebelumnya sudah di tuliskan bahwa orang tua saya berada di riau di Kota UjungBatu, Rokan Hulu, Riau dan masih banyak lagi alasan lainnya.

Perjalanan di mulai dari Padangkandi, VII koto Talago Kec. guguak Kab.50 Kota Sumatera Barat, Hari itu senin dan cuaca sangat cerah jam menunjukkan Jam 10 pagi, setelah sarapan dan berpamitan saya pun berangkat dengan menggunakan motor yamaha mio (motor saya masih yang lama) tapi kondisi kendaraan saat ini kurang fit dari saat dulu karna belum di service, shock depan mati, belakng tidak berfungsi, lampu rem mati, lampu depan mati untungnya saya tidak berangkat malam. tibbaa-tiba sampai di mungka perbatasan taeh eh ingat dompet tidak ada di kantong celana, terpaksa balek ke rumah. huuufft jauh sangaiikk..

Sampai di Kelok Sembilan begitu berdebu dan becek maklum saat ini sedang di bangun jembatan layang kelok sembilan part II sebelumnya yang satu sudah selesai dan sudah bisa di pakai sejak lebaran tahun lalu. jalan yang berkelok sembilan lama masih di pakai dan cuaca sangat mendukung perjalanan kali ini. saya sendiri hanya di temani music dari hanset blackberry dengan lagu-lagu dari daerah minang di jalanan yang lumayan sepi, sepi kalii..
Jembatan Layang Kelok 9

Selama perjalanan saya hanya berhenti di kelok 9 saja dan tidak ada berhenti di tempat-tempat lain karna takut nanti kalau hujan di danau buatan pun tidak berhenti sejenak istirahat saya terus di atas motor selama 4 jam perjalanan dan sampai di Ujungbatu, Rokanhulu Sekitar jam 2 siang. Sampai di ujungbatu istrahat makan dan haripun malam, kali ini di kota debu ini saya selama 3 hari

Topi Aia Sungai Rokan, UjungBatu, Rohul
Selama di ujungbatu hanya di rumah dan tidak ada pergi main kemana-mana cuma hanya dke tepian sungai rokan maklum di kota ini tidak ada tempat yang bagus untuk ber wisata jangan kan mall pasar modern seperti kota pasir pangarayan pun tidak ada, daerah ini terkenal dengan perkebunan sawit yang melimpah apa itu di kelola perusahaan maupun milik masyarakat dan koperasi-koperasi pun banyak bermunculan di kabupaten ini demi menunjang hal tersebut.

Perjalanan Menuju Pekanbar

Setelah 3 hari saya pun berangkat ke kota pekanbaru sendirian dengan motor kesayangan yamaha mio matic melalui jalur GAZA kenapa saya namakan jalur gaza karna jalan di daerah ini cukup menakutkan, seperti jalan yang banyak berlubang dan lain2. daerah ini yaitu melalui jalur simpang TB- Talang Danto - Kasikan - Sukaramai - Petapahan dan keluar di garuda sakti Pekanbaru.

Sampai di desa sukarami, tapunghulu saya tidak berhenti disini melainkan hanya membeli minum dan duduk beberapa menit padahal disini orang padangkandi sangat banyak seluruh pasar di sini semua orang padangkandi yang berjualan.

Dan Saya sampai di Pekanbaru sekitar jam 5 sore dengan kondisi ban motor bocor tapi saya tidak menempelnya malah membiarkan saja dan beberapa hari setelah itu baru di perbaiki, kali ini saya tinggal di pekanbaru di daerah kualu jl suka karya panam. dan badan saya sangat lelah akhirnya tertidur sampai malam..
Jl. Sudirman Pekanbaru with Fly Over
Ini bebrapa poto waktu di kota pekanbaru dan seminggu kemudian baru saya kembali melanjutkan perjalanan kembali ke sumatera barat tetap masih sendiri.
Belakang Gubernur Riau, Menara Lancang Kuning

Puswil Soeman HS

Masjid Agung Annur Pekanbaru
Tugu Selais Pekanbaru
Kembali Sampai di SUMBAR

1 comment:

1. yeeeeee............... sendiri2 aja yaa.....